Psikologi Manajemen
1. Pengertian Job Enrichment
Job enrichment dapat digambarkan sebagai media dimana manajemen dapat memotivasi karyawan dengan cara didorong dengan memberikan mereka tanggung jawab tambahan yang biasanya disediakan untuk karyawan tingkat yang lebih tinggi. Dengan melakukan ini, karyawan akan merasa seperti pekerjaan mereka memiliki arti dan penting untuk perusahaan
2. Langkah-langkah dalam redesign pekerjaan untuk job enrichment
A. Menggabungkan beberapa pekerjaan menjadi satu.
· Menjadi lebih besar
· Lebih bervariasi
· Kecakapan lebih luas
B. Memberikan modul kerja untuk setiap pekerja.
C. Memberikan kesempatan pada setiap pekerja untuk dapat bertanggung jawab.
· Kesempatan mengatur prosedur kerja sendiri
D. Memberikan kesempatan pekerja menghubungi kliennya sendiri secara langsung.
· Orang-orang yang berhubungan dengan pelaksanaan kerjanya.
E. Menciptakan sarana-sarana umpan balik.
· Pekerja dapat memonitor koreksi diri.
3. pertimbangan pertimbangan dalam job enrichment
Supaya perusahaan dapat terus bertahan, maka pekerja yang bekerja untuk perusahaan tersebut perlu diberikan program redesign pekerjaan seperti job enrichment. Dengan job enrichment, produktivitas pekerja bisa ditingkatkan sehingga pekerja tidak merasa monoton dengan pekerjaannya. Para pemegang kekuasaan perlu cermat dalam melihat siapa saja pekerja yang berpotensi dan perlu mendapatkan program job enrichment.
Ada lima dimensi inti dari sebuah pekerjaan yang mempengaruhi job enrichment biasanya memberikan kontribusi kepada orang-orang yang menikmati pekerjaan menurut Greenberg dan Baron:
1. Skill Variety
Meningkatkan jumlah individu keterampilan yang digunakan ketika melakukan pekerjaan.
2. Task Identity
Mengaktifkan orang untuk melakukan pekerjaan dari awal sampai akhir.
3. Task Significance
Memberikan pekerjaan yang memiliki dampak langsung terhadap organisasi atau para stakeholder.
4. Autonomy
Meningkatkan tingkat pengambilan keputusan, dan kebebasan untuk memilih bagaimana dan ketika pekerjaan selesai.
5. Feedback
Meningkatkan jumlah pengakuan untuk melakukan pekerjaan dengan baik, dan mengkomunikasikan hasil karya orang.
4. Berikan contoh langkah langkah dalam redesign pekerjaan
X menempati posisi sebagai seorang staff didalam suatu perusahaan, tapi X merasa lebih suka bekerja diluar ruangandan atau lapangan, X juga merasa kemampuannya untuk bekerja dilapangannya tidak kalah baik dari pekerjaannya di dalam ruangan membuat laporan. Akirnya X memutuskan untuk mencoba memperluas pekerjaannya dengan melakukan pekerjaan lapangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar