KAMIS, 6 OKTOBER 2016
(TUGAS PSIKOLOGI MANAJEMEN (3)
Jelaskan perbedaan komunikasi satu arah dan dua arah beserta
contohnya
*Komunikasi
satu arah
Komunikasi satu arah terjadi ketika seorang pengirim
pesan kepada orang lain, sedangkan penerima pesan tidak menanggapi pesan
tersebut atau komunikasi satu arah merupakan komunikasi yang berlangsung dari
satu pihak saja, yaitu hanya dari pihak komunikator dengan tidak memberi
kesempatan kepada komunikan untuk memberikan respon atau tanggapan. Yang
termasuk komunikasi satu arah yaitu, khotbah, berita di TV dan radio.
Contohnya: seorang guru berpidato dalam suatu
upacara di sekolah sehingga semua siswa hanya bisa mendegarkan saja dan tidak
memberikan tanggapan.
*Komunikasi
dua arah
Komunikasi dua arah komunikasi yang terjadi ketika
seseorang mengirim pesan, mengeluarkan ide, gagasan, pendapat dan peerima pesan
(pendengar) menanggapi isi pesan atau komunikasi dua arah merupakan komunikasi
yang berlangsung antara dua pihak dan ada timbal balik baik dari komunikator
maupun komunikan.
Contohnya: seseorang sedang curhat kepada teman
dekatnya dan menceritakan semua yang sedang dialami atau dirasakannya dan orang
yang menerima pesan tersebut atau komunikan memberikan tanggapannya atau
merespon kembali apa yang disampaikan komunikator.
Apa peran komunikasi dalam manajemen organisasi
*Pengertian Komunikasi
Istilah manajemen komunikasi adalah relatif baru. Komunikasi itu sendiri bukan merupakan bagian penting dari
perbendaharaan ka_ ta manajemen sampai
akhir tahun 1940-an dan permulaan 1950-an. Tetapi, sejalan dengan
organisasi menjadi semakin."sadar manusia" dalam pendekatan hubungan manusiawi dan sejalan dengan para ahli perilaku mulai menerapkan
penelitian-penelitian mereka pada
organisasi, komunikasi menjadi bagian penting yang diperhatikan manajemen. Bagaimanapun juga, komunikasi
tetap merupakan peralatan (tool) manajemen yang dirancang untuk mencapai
tujuan dan tidak dinilai atas dasar
hasil akhir dalam komunikasi itu sendiri.
Komunikasi adalah proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan
atau informasi dari seseorang ke orang lain.
Perpindahan pengertian tersebut
melibatkan lebih dari sekedar kata-kata yang digunakan dalam percakapan, tetapi juga ekspresi
wajah, intonasi, titik putus vokal dan sebagainya. Dan perpindahan yang efektif memerlukan
tidak hanya transmisi data, tetapi bahwa seseorang mengirimkan
berita dan menerimanya sangat tergantung pada ketrampilanketrampilan
tertentu (membaca, menulis, mendengar, berbicara dan lain-lain) untuk membuat sukses pertukaran
informasi.
Komunikasi, sebagai suatu proses dengan mana
orang-orang bermaksud memberikan
pengertian-pengertian melalui pengiringan berita secara simbolis, dapat menghubungkan para
anggota berbag~ satuan organisasi yang berbeda dan bidang yang berbeda pula, sehingga sering disebut rantai pertukaran informasi. Konsep ini mempunyai unsur-unsur :
- Suatu kegiatan untuk membuat seseorang mengerti,
- Suatu sarana pengaliran informasi dan
- Suatu sistem bagi terjalinnya komunikasi di antara individu-individu.
Pandangan
tradisional tentang komunikasi telah banyak diubah
oleh perkembangan
teknologi, yaitu bahwa komunikasi tidak hanya terjadi antara dua atau lebih individu, tetapi mencakup juga komunikasi antara orang-orang dan mesin-mesin, dan bahkan antara mesin dengan mesin lain.
teknologi, yaitu bahwa komunikasi tidak hanya terjadi antara dua atau lebih individu, tetapi mencakup juga komunikasi antara orang-orang dan mesin-mesin, dan bahkan antara mesin dengan mesin lain.
Stoner, Freeman, dan Gilbert
(1995) mendefinisikan komunikasi sebagai the process by which people attempt to share meaning via the transmission of symbolic messages. Komunikasi adalah
proses di mana seseorang berusaha untuk memberikan pengertian atau pesan kepada orang lain melalui pesan
simbolis. Komunikasi bisa dilakukan secara langsung
maupun tidak langsung, dengan menggunakan berbagai media komunikasi yang tersedia. Komunikasi langsung berarti komunikasi disampaikan tanpa
penggunaan mediator atau perantara,
sedangkan komunikasi tidak langsung berarti sebaliknya.
Berdasarkan pengertian di atas, maka komunikasi
memiliki beberapa elemen penting,
yaitu:
- Komunikasi melibatkan orang-orang, sehingga komunikasi yang efektif terkait dengan bagaimana orang-orang dapat berinteraksi satu sama lain secara lebih efektif.
- Komunikasi berarti terjadinya berbagi informasi atau pemberian informasi maupun pengertian (sharing meaning), sehingga agar pemberian informasi maupun pengertian ini dapat terjadi, maka pihak-pihak yang berkomunikasi perlu menyadari dan mengerti berbagai istilah atau pengertian yang mereka gunakan dalam melakukan komunikasi. Jika tidak, maka kemungkinan terjadinya salah persepsi dalam komunikasi sangat tinggi.
- Komunikasi melibatkan simbol-simbol, yang berarti komunikasi dapat berupa bahasa tubuh, suara, huruf, angka, dan lain-lain sebagai bentuk simbolis dari komunikasi yang dilakukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar